Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Perbedaan Blog dan Website yang perlu diketahui

Blog dan website menurut anggapan banyak orang adalah sama. Apakah benar demikian? Sebenarnya keduanya adalah dua istilah yang berbeda. Ketika Anda ingin membuat sebuah platform, kemungkinan Anda harus menyesuaikan untuk membuat blog atau website. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengenali perbedaan keduanya terkait apa itu blog? Dan apa itu website?


Mengetahui letak perbedaan antara blog dan website sangat penting untuk mengetahui manakah platform yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Terlebih lagi, Anda setidaknya perlu mengetahui kegunaan dan manfaatnya dari keduanya. Masing masing blog dan website memiliki kelebihannya sendiri sendiri. Untuk lebih mengenalinya, mari perhatikan beberapa poin penting di bawah ini.

1. Konten

Dari segi konten blog dan website memiliki perbedaan. Konten dalam blog akan berisi seputar article, video atau juga podcast tentang satu atau beberapa tema yang dipih oleh sang pemilik blog tersebut. Blog juga lebih banyak mengulas seputar pengalaman, opini bahkan kegiatan dari sang pemilik. Berbeda dengan website yang berisi informasi penting tentang suatu produk dan layanan. Biasanya digunakan untuk keperluan pendidikan, toko online bahkan lembaga pemerintahan.

2. Update

Pada saat mengupdate konten Anda akan tahu perbedaan keduanya. Blog perlu terus diupdate dari segi konten setiap hari, dua hari atau bahkan seminggu sekali. Blog yang kaya akan konten lebih diperhitungkan sebagai blog yang baik. Sedangkan untuk website sendiri tidak memerlukan update secara berkala, biasanya di update apabila ada perubahan terhadap produk atau layanan.

3. Arah Komunikasi

Perbedaan selanjutnya yang akan terlihat jelas adalah arah komunikasi antara blog dan website. Pada blog, arah komunikasi yang dimiliki bersifat interaktif karena para pembaca dari blog tersebut bisa meninggalkan tanggapan atau komentar di setiap konten. Sedangkan website hanya bersifat satu arah saja. Dengan kata lain website tidak menyediakan kolom untuk pembacanya bisa berkomentar.

4. Pengelola

Penulis blog disebut dengan istilah “Blogger”. Nah, blogger ini sendiri umumnya lebih banyak dikelola secara perorangan atau secara mandiri saja. Meskipun ada juga blog yang dikelola beberapa orang. Nah, berbeda dengan website yang dikelola para tim ahli. Hal ini bisa Anda amati di sebuah perusahaan yang terdiri dari designer, developer, copywriter dan lain sebagainya. Dengan kata lain website akan lebih profesional dilihat dari pengelolanya.

Inilah beberapa perbedaan mendasar antara blog dan website yang Anda perlu ketahui sebelum memutuskan platform mana yang akan Anda gunakan. Dengan mengetahui secara lebih saksama, Anda bisa dibantu memperoleh pengetahuan terkait bisnis blog dan website yang sekarang sedang banyak berkembang. Semoga saran praktis ini bisa memberikan hasil yang lebih menguntungkan untuk Anda. Semoga berhasil.

Posting Komentar untuk "Inilah Perbedaan Blog dan Website yang perlu diketahui"