Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Redirect 301 Terhadap SEO

Ketika Anda baru memulai online, semuanya lebih sederhana. Anda hanya memiliki beberapa halaman konten.
Tetapi, seiring waktu, situs Anda tumbuh lebih kompleks. Selain mempertimbangkan untuk memutakhirkan dan melihat berbagai paket hosting web  (untuk mendukung peningkatan pengguna dan lalu lintas) Anda memiliki lebih banyak halaman, posting, dan URL untuk ditangani. 

Anda membuat halaman dan posting yang tidak ada lagi, atau Anda memutuskan untuk menyederhanakan struktur URL konten Anda. Mungkin Anda bahkan membeli nama domain  yang ingin Anda alihkan ke situs Anda, atau Anda ingin mengganti domain sama sekali.

Seperti yang Anda lihat, ada banyak alasan Anda harus mengarahkan situs web ke yang lain. Di bawah ini Anda akan mempelajari apa itu pengalihan situs web bersama dengan skenario paling umum maka Anda ingin menerapkan pengalihan situs web.

Apa itu Pengalihan Situs Web?
Pengalihan situs web akan mengambil satu URL situs web dan mengarahkannya ke yang lain. Ketika seseorang mengetik atau mengklik URL asli itu, mereka akan dibawa ke halaman atau situs web baru. Bahkan jika Anda tidak perlu menerapkan pengalihan sekarang, itu mungkin sesuatu yang pada akhirnya perlu Anda lakukan. 

Mengetahui cara menerapkan pengalihan akan keterampilan yang berharga bergerak maju. Anda dapat menerapkan pengalihan berdasarkan URL atau halaman-demi-halaman. Ada beberapa jenis pengalihan URL yang ingin Anda ketahui. Seperti yang akan Anda lihat di bawah, pengalihan 301 adalah yang paling umum dan berguna, tetapi ada beberapa pengalihan lainnya juga tersedia.

1. 301 Redirect
Pengalihan 301 adalah pengalihan permanen. Ini adalah pengalihan yang paling umum digunakan dan kuat karena meneruskan hampir semua jus tautan dari domain yang ada. Jenis pengalihan ini terjadi pada tingkat browser dan server. Pada waktunya, mesin pencari akan mengindeks pengalihan ini.

2. 302 Redirect
302 redirect digunakan ketika Anda ingin sementara redirect URL, tetapi Anda memiliki niat untuk kembali ke URL lama. Misalnya, Anda mendesain ulang situs Anda, tetapi ingin mengarahkan pengguna ke domain yang berbeda saat Anda selesai membangun situs Anda. 302 redirect tidak terlalu sering digunakan. Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan pengalihan 302, pikirkan dengan cermat: Anda mungkin lebih baik hanya menggunakan pengalihan 301.

3. Meta Refresh
Penyegaran meta tidak sering digunakan. Tapi, Anda mungkin masih melihat jenis pengalihan ini sebelumnya di layar pemuatan halaman. Pernahkah Anda mendarat di sebuah halaman dan disambut dengan pesan yang mengatakan, “URL asli telah dipindahkan, kini Anda sedang dialihkan. Klik di sini jika Anda tidak dialihkan dalam 5 detik ” ? Maka Anda telah mengalami penyegaran meta. Jenis pengalihan ini meneruskan sedikit jus tautan, tetapi tidak sebanyak pengalihan 301.

Alasan Mengapa Anda Menerapkan Pengalihan Situs Web
Sekarang setelah Anda terbiasa dengan jenis arahan ulang yang dapat Anda terapkan, sekarang saatnya untuk membahas alasan Anda ingin mengarahkan ulang URL. Berikut adalah beberapa skenario umum di mana Anda ingin mengarahkan satu situs web ke situs web lainnya.

1. Arahkan Subdirektori ke Halaman di Situs Anda
Mungkin ketika Anda membuat situs, Anda memutuskan untuk membuat halaman blog di subdomain situs Anda. Jadi, alih-alih URL blog Anda menjadi "mysite.com/blog", itu adalah "blog.mysite.com.". Hanya sekarang Anda telah memutuskan bahwa masuk akal untuk mematikan blog Anda dari struktur subdomain asli.

Dalam hal ini, Anda ingin menerapkan pengalihan. Hal yang sama berlaku untuk alasan lain Anda membuat situs atau bagian dari situs Anda di subdomain, dan sekarang Anda ingin beralih struktur URL.

2. Redirect Konten Gandakan ke Halaman Asli
Memiliki duplikat konten di situs Anda benar-benar dapat mengacaukan peringkat Anda . Jika Anda memiliki situs besar, maka kemungkinan besar Anda memiliki beberapa halaman dengan konten duplikat. Ketika Anda memiliki lebih dari satu versi halaman yang sama, sulit bagi Google untuk mencari tahu halaman mana yang diurutkan.

Anda dapat menghindari masalah duplikat konten yang umum dengan mengarahkan ulang duplikat konten ke konten asli. Ini tidak hanya akan mengurangi kebingungan dengan pengunjung Anda, tetapi harus meningkatkan peringkat mesin pencari Anda juga.

3. Redirect Banyak Domain ke Satu Domain
Ini adalah praktik umum untuk membeli beberapa nama domain yang terkait dengan URL utama Anda untuk melindungi merek online Anda. Tetapi, alih-alih hanya membeli domain ini dan membiarkannya duduk di sana.

Anda dapat mengarahkan mereka ke situs web utama Anda. Apakah itu salah ejaan umum dari nama domain Anda saat ini, ekstensi nama domain tingkat atas lainnya , atau sesuatu yang lain sama sekali, mereka layak dialihkan kembali ke situs utama Anda.

4. Arahkan Domain Lama Anda ke Domain Baru Anda
Apakah Anda awalnya membangun situs Anda di domain yang bukan pilihan pertama Anda, hanya untuk membeli domain impian Anda nanti? Itu terjadi lebih dari yang Anda pikirkan. Mungkin Anda telah melalui perubahan nama besar dan mengubah nama domain Anda diperlukan.

Apa pun alasannya, Anda perlu menerapkan pengalihan domain lama Anda ke domain baru Anda. Sekarang, memigrasikan seluruh situs lebih intensif daripada redirect sederhana, tetapi ini adalah tempat awal yang baik.

5. Alihkan URL Lama ke URL Baru
Terkadang Anda harus mengubah URL halaman dan posting yang ada. Mungkin Anda membersihkan struktur URL yang ada , atau memindahkan beberapa halaman dan URL lama tidak lagi masuk akal.
Jika ini terdengar seperti Anda, maka Anda ingin menerapkan 301 redirect dari URL lama ke yang baru. Ini terutama benar jika posting lama Anda sudah diindeks di mesin pencari, atau Anda memiliki tautan di mana saja secara online.

Kesimpulan
Seperti yang Anda lihat, ada banyak alasan Anda ingin mengarahkan ulang situs web, dan beberapa pengalihan situs web yang dapat Anda gunakan. Semoga, Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai mereka dan mengapa itu adalah sesuatu yang perlu Anda pelajari, pada akhirnya.

ROSID NUHU
ROSID NUHU Content writer & Content creator

Posting Komentar untuk "Manfaat Redirect 301 Terhadap SEO"