Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19)

 Cara Mengatasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19) - Virus corona baru, COVID-19, memiliki banyak di antara kita yang terpaku pada berita, memperhatikan orang-orang yang dicintai, dan menyesuaikan hidup kita untuk menghadapi perubahan yang terjadi pandemi di rumah, sekolah, dan tempat kerja kita. Ini cukup sulit.

Banyak ketidaksetaraan sistemik telah terungkap sebagai realitas dari respon pandemi. Lebih mudah bagi beberapa orang untuk menghadapi krisis daripada yang lain. Jadi, sungguh luar biasa melihat Pemerintah meningkatkan dan memberikan paket bantuan keuangan kemarin yang memiliki kesejahteraan rakyat pada intinya. 


Ini adalah langkah pertama yang baik dan kami berharap dapat melihat lebih banyak langkah dukungan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang. Misalnya, tidak semua orang membayar cuti sakit dan banyak pekerja 'pekerja ekonomi' tidak memiliki pilihan untuk bekerja dari rumah. 

Pertimbangkan bahwa jika sekolah dan ruang perawatan anak tutup untuk waktu yang lama, beban orang tua yang bekerja (terutama keluarga berpenghasilan rendah, orang tua tunggal atau pencari nafkah tunggal) tanpa kondisi kerja yang fleksibel akan sangat berat. 

Orang-orang yang tidak memiliki rumah yang memadai sangat rentan, demikian juga mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Ketakutan akan resesi, bersama dengan dampak dari perselisihan OPEC yang menyebabkan harga minyak jatuh, juga memicu seruan kepada pemerintah untuk tidak mendanai jaminan dari industri bahan bakar fosil. 

Sebagaimana Dame Anne Salmond tunjukkan , pandemi Virus corona akan menguji nilai-nilai kita sebagai masyarakat:

Greenpeace, bersama dengan banyak orang lain menyerukan pengeluaran apa pun untuk membantu membangun masyarakat yang lebih baik, berdasarkan perawatan kesehatan yang lebih baik, standar pekerjaan, perlindungan sosial dan Paket Stimulus Hijau - singkatnya, sebuah masyarakat di mana kita benar-benar saling menjaga satu sama lain dan hanya planet Bumi yang kita punya. 

Dan ekonomi dan masyarakat berubah untuk membuat kita lebih tangguh, mendorong perubahan dalam cara kita hidup, bekerja dan berkeliling yang mempromosikan hasil lingkungan dan kesehatan yang positif.

Kami membutuhkan solusi sistemik untuk jenis celah dan masalah perlindungan ini. Sementara itu, kita dapat menjaga koneksi komunitas kita kuat dan mencontoh perilaku yang kita inginkan untuk diadopsi oleh para pemimpin kita dan menunjukkan kepada mereka bahwa cinta dan kasih sayang lebih kuat daripada rasa takut. 

Berikut adalah sebelas cara orang berbicara tentang merawat satu sama lain sambil tetap aman saat keluarga, teman, kolega, dan tetangga kami menavigasi COVID-19.

1) Jaga dirimu, untuk menjaga kita semua - ratakan kurva!

Gunakan taktik menjauhkan sosial sederhana seperti mengganti pelukan dan jabat tangan dengan alternatif. Jabat tangan dan pelukan alternatif di dunia Virus corona. Jika kita semua melakukan yang terbaik untuk menghentikan penyebaran, kita bisa meratakan kurva! Kebersihan sederhana dan jarak sosial dapat menyelamatkan nyawa dan meratakan kurva pandemi Virus corona

2) Periksa tetangga yang sudah tua

Meskipun perlu, isolasi sosial bisa menjadi kesepian. Teks, panggilan telepon, email atau, jika perlu, secara langsung (mengambil langkah-langkah keamanan yang tepat), terutama jika mereka hidup sendiri.

3) Menjangkau orang-orang dalam isolasi diri 

Kirimi mereka meme lucu atau GIF untuk menghibur mereka. Hubungi mereka. Video ngobrol mereka. Jangan lupakan mereka. Pastikan mereka merasa kurang sendirian dan memiliki dukungan sosial. Tawarkan bantuan kepada mereka. Beberapa komunitas sudah mulai menggunakan kartu-kartu ini untuk membantu tetangga yang berada dalam kesendirian.

 4) Relawan waktu Anda.

Mengenal seseorang dalam isolasi diri atau siapa yang perlu membatasi interaksi publik mereka? Tawarkan untuk mengambil dan mengantarkan belanjaan mereka, camilan atau hal-hal lain yang mungkin mereka butuhkan, sambil mengambil tindakan pencegahan untuk menjaga diri Anda tetap aman. Waktu dan tenaga Anda dapat menjadi bantuan besar bagi seseorang yang membutuhkan dukungan.

5) Atasi ketakutan rasis dan xenophobia

Penyakit dapat membuat siapa pun sakit, terlepas dari asal atau etnisnya. Namun karena virus itu berasal dari Tiongkok, orang-orang keturunan Cina telah menghadapi gelombang rasisme . Bantu hentikan ketakutan dan pelecehan dengan mendidik orang dan memperbaiki komentar atau perilaku rasis ketika Anda mendengar atau melihatnya.

6) Memerangi informasi yang salah secara online 

Sayangnya, jika tidak terduga, informasi yang salah pada COVID-19 beredar online. Jika Anda melihatnya, laporkan ke platform Anda dan beri tahu orang yang memposting / membagikannya (mis., Melalui pesan pribadi atau mengomentari kiriman). Dapatkan informasi Anda dari sumber tepercaya seperti Organisasi Kesehatan Dunia , Kementerian Kesehatan Selandia Baru , atau dokter / rumah sakit Anda.

7) Gagasan radikal: keringanan pembayaran sewa untuk orang-orang yang terisolasi sendiri tanpa cuti sakit yang dibayar?

Jika Anda seorang tuan tanah dan memiliki penghasilan tambahan, Anda dapat mempertimbangkan (seperti yang dilaporkan oleh beberapa tuan tanah ) membekukan pembayaran sewa dan memastikan tidak ada penggusuran yang terjadi pada penyewa yang berjuang secara finansial karena pandemi. Bagaimana menurut anda?

8) Penggalangan dana untuk orang-orang yang terkena dampak finansial oleh tindakan karantina

Platform penggalangan dana seperti Give A Little dapat membantu Anda berorganisasi, tetapi dari mulut ke mulut, email dan teks juga dicoba dan cara yang benar untuk melakukan penggalangan dana akar rumput untuk mendukung seseorang yang terkena dampak hal-hal seperti kehilangan pekerjaan, membayar perawatan anak karena penutupan sekolah, atau biaya medis tambahan.

9) Buat kesenangan sosial dengan obrolan video

Jarak sosial tidak berarti kita tidak bisa merasa dekat dengan orang yang kita cintai. Menjadi kreatif. Buat obrolan video untuk berkumpul dan merayakan ulang tahun atau acara lain menggunakan alat sehari-hari seperti Skype, Hangouts atau Zoom. Atau, sinkronkan menonton acara TV atau film favorit Anda bersama-sama saat mengobrol melalui teks atau video.

10) Bagikan berita positif dan tindakan kebaikan dengan komunitas Anda

Ada begitu banyak contoh di luar sana tentang orang-orang yang saling membantu. Bagikan itu. Bicara tentang itu. Bersama-sama kita dapat mencegah agar tidak terjebak dalam spiral keputusasaan kabar buruk. Sebarkan berita tentang bagaimana Anda membuat perbedaan.

11) Dan demi lumpuh, berhenti membeli semua kertas toilet! 

Persiapkan untuk apa yang dibutuhkan rumah tangga Anda jika dikarantina, tetapi batasi refleks panik-rakus. Jika kita menginginkan dunia yang lebih baik, kita harus belajar untuk menjaga kebutuhan komunitas kita tetap teratas dan berbagi hal-hal sederhana (serius, kertas toilet ?! Sabun dapat dibagikan dan, erm, Sangat diperlukan di saat seperti ini!). Dan ingat, cuci tangan, cuci tangan, cuci tangan. Ini melindungi Anda dan semua orang di sekitar Anda. Hanya membutuhkan waktu 20 detik. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semuanya.

ROSID NUHU
ROSID NUHU Content writer & Content creator

Posting Komentar untuk " Cara Mengatasi Penyebaran Virus Corona (Covid-19)"