Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Sekolah Film Indonesia Buat Kamu Yang Mau Belajar Film

 Kamu tertarik pada film? Ingin jadi pembikin film seperti Hanung Bramantyo atau Riri Riza dengan segudang prestasi, dinanti-nantikan beberapa orang, dan mendapatkan penghargaan sampai ke luar negeri?

Pelajari film bisa otodidak, tetapi kamu dapat belajar langsung melalui beberapa sekolah film yang prospektif kamu agar bisa terjun langsung ke dunia film secara professional bahkan juga ke industri film. Menarik kan?

Untuk kamu yang baru lulus SMA atau SMK dan masih bimbang untuk meneruskan study kemana—terutama untuk kamu yang ingin perdalam pengetahuan di dunia film, berikut bermacam kampus-kampus di Indonesia yang sediakan jalur film yang menjadi rujukan untuk meneruskan study berkenaan film!

1. Institut Kesenian Jakarta

Sekolah yang ada dalam Jakarta dan dengan cara resmi berdiri pada tanggal 25 Juni 1976, sebagai salah satunya sekolah film paling tua sampai sekarang ini. Sekolah yang sukses cetak lulusan-lulusan seperti Riri Riza, Slamet Rahardjo sampai Hanung Bramantyo menjadi modal untuk kamu yang berminat untuk berkarier dalam dunia perfilman.

Web: http://ikj.ac.id

2. Institut Seni Indonesia

Sekolah film ini mempunyai bermacam cabang di beberapa kota dan rerata memiliki jalur film seperti Isi Yogyakarta, Isi Surakarta, Isi Denpasar, Isi Solo, sampai Isi Padang Panjang dan lain-lain. Bukan rahasia kembali sekolah film ini cetak beberapa nama yang telah dikenali sampai dianggap di bagian perfilman seperti Ifa Isfansyah yang sekarang ini masih bergelut di industri perfilman Indonesia. Ketarik?

Web: http://isi.ac.id

3. Universitas Multimedia Nusantara

Sekolah film yang berada di Tangerang dan berdiri pada tanggal 20 November 2006, sebagai sekolah film yang populer baru tetapi sering dikenali dengan beberapa karya mahasiswanya yang rajin berkeliling-keliling di beberapa festival-festival film nusantara atau internasional! Salah satunya yang memikat ialah beberapa dari dosen-dosen UMN sendiri sebagai seorang pegiat dalam sektor film, seperti Makbul Mubarak, Yosep Anggi Noen, Lucky Kuswandi, dan lain-lain.

Web: http://umn.ac.id

4 Jogja Film Academy

Sekolah film yang berada di Yogyakarta dan berdiri di tahun 2015, sebagai sekolah film yang termasuk baru tetapi mempunyai misi yang paling kuat untuk membuat lulusan-lulusan yang siap kerja di bagian perfilman. Disamping itu pelopor dan pencetus sekolah film ini yakni Garin Nugroho, yang disebut seorang pembikin film dengan segudang prestasi dan pernyataan di Internasional, Ingin meneruskan study ke JFA?

Web: http://jogjafilmacademy.com

5. Universitas Padjadjaran

Dikenali sebagai salah satunya universitas negeri yang berada di Indonesia dan berada di Bandung dan Jatinangor, membuat Jalur Film di Unpad tidak demikian banyak dikenali. Termasuk semenjak tahun 2015, Unpad membuat jalur baru di Fakultas Pengetahuan Komunikasi yakni Tv dan Film. Walau dikenali baru, salah satunya dosennya pun tidak bermain-main! Salman Aristo pernah mengajarkan jadi dosen di Jalur Tv dan Film Kampus Padjadjaran, Ingin cobanya? Kamu harus melalui periode SNMPTN atau SBMPTN seperti kampus-kampus negeri biasanya, mudah-mudahan sukses!

Web: http://unpad.ac.id

6. Bina Nusantara (Binus)

Sekolah film yang memusatkan lulusan-lulusanya menjadi tenaga professional yang siap kerja, membuat sekolah film ini pantas diakui. Dosen-dosen yang mengajarkan di universitas ini sebagai pegiat di bagian film seperti Adilla Amelia, Ali Munandar, dan lain-lain. Bisa menjadi modal yang paling bermanfaat untuk kamu yang ingin meneruskan ke sana!

Web: http://binus.ac.id

7. SAE Institute Indonesia

Sekolah film yang memang tidak asing namanya di bagian perfilman, sebagai sekolah yang banyak mengutamakan beberapa lulusanya untuk beroperasi di sektor industri inovatif. Universitas ini tidak bermain-main untuk mengajar berkenaan film, salah satunya dosennya yakni Kamila Andini, salah satunya sutradara wanita yang belakangan ini kreasinya jadi perhatian dunia, ketarik?

Web: https://indonesia.sae.edu/en/

8. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Dikenali sebagai STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia), lalu bertukar nama di tahun 2014 jadi ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia Bandung) membuat universitas ini cukup dikenali di Kota Bandung. Kecuali fokus pada seni, ISBI mempunyai konsentrasi lain yakni terkait dengan film karena ada prodi Film dan Tv. Bermacam kreasi beberapa anak ISBI kerap masuk di bermacam festival dan menariknya, ISBI Bandung ini lebih ditujukan untuk konsentrasi pelajari dan meningkatkan berkenaan film dokumenter.

Web: http://isbi.ac.id

9. International Design School

Sekolah film yang berdiri semenjak tahun 2000 dan berada di Jakarta kemungkinan jadi salah satunya opsi untuk kamu yang mempunyai ketertarikan pada animasi, design grafis, dan film. IDS bagus sekali bila kamu ingin belajar film dalam sekejap! Kamu dapat belajar dalam jalur film universitas ini yang cuman berjangka waktu setahun saja dan salah satunya dosen yang yakni Ginanti Rona, seorang sutradara yang mengolah film layar-lebar Midnight Show. Berminat untuk masuk?

Web: http://idseducation.com

10. Universitas Dian Nuswantoro

Berdiri semenjak tahun 2001 lebih memprioritaskan pada Pengetahuan Computer dan IT, bahkan juga jadi salah satunya universitas swasta terbaik di Indonesia, membuat (UDINUS) mengawali untuk memperlebar sayapnya dengan terhitung semenjak tahun 2016, sah membuat jalur baru yakni Program Study Film dan Tv. Prodi ini bergabung ke Fakultas Pengetahuan Computer.

Web: http://dinus.ac.id

Bagaimana? Sudahkah berminat untuk meneruskan study ke sekolah film? Bila ketarik, tinggal balik ke opsi kalian masing-masing ingin ke mana. Adakah saran lain? Tuliskan pada kolom tanggapan ya!

ROSID NUHU
ROSID NUHU Content writer & Content creator

Posting Komentar untuk "10 Sekolah Film Indonesia Buat Kamu Yang Mau Belajar Film"