Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Visual Effect

 Industri film hollywod benar-benar maju, dan paling maju dalam dunia. Siapakah yang tidak paham Transformers, Harry Potter, Star Track, TRON, dan lain-lain. Beberapa film yang saya sebut barusan ialah beberapa film dengan dampak visual yang mengagumkan hebat dan kelihatan benar-benar riil. Anggaran/ongkos yang diperlukan untuk pembikinannya juga tidak bermain-main karena Hollywod memprioritaskan Totalitas. Berikut software yang digunakan oleh beberapa pembikin film visual effect :

1. 3D MAX

3D Studio Max (terkadang disebutkan 3ds Max atau cuman MAX) ialah sebuah piranti lunak diagram vector 3-dimensi dan animasi, dicatat oleh Autodesk Media dan Pertunjukan (dahulunya dikenali sebagai Discreet and Kinetix. Piranti lunak ini ditingkatkan dari perintisnya 3D Studio fo DOS, tapi untuk basis Win32. Kinetix selanjutnya tergabung dengan pemerolehan paling akhir Autodesk, Discreet Logic. Versus terkini 3Ds Max pada Juli 2005 ialah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diprediksi akan ada pada tahun akhir. Ini sudah dipublikasikan oleh Discreet di Siggraph 2005.3ds Max adalah paket piranti lunak yang paling luas dipakai saat ini, karena beberapa argumen seperti pemakaian basis Microsoft Windows, kekuatan mengubah yang serba dapat, dan arsitektur plugin yang banyak. Ada 5 sistem pemodelan dasar:

a. Pemodelan dengan primitive

b. NURMS(subdivision surfaces)

c. Surface tool

d. NURBS

e. Pemodelan polygon

Ini sebagai sistem dasar, di mana seorang membuat mode dengan memakai banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan object yang sudah disiapkan yang lain. Seorang dapat mengaplikasikan operasi boolean, terhitung pengurangan, pemangkasan, dan penyatuan. Misalkan, seorang bisa membuat dua bola yang bisa bekerja sebagai blob yang bakal bersatu. Ini disebutkan "pemodelan balon".

Psikis Ray sebuah render engine (mesin untuk merender video atau gambar) yang ada pada program 3D Studio Max, kecuali render standard max yakni "Standar Scanline". Psikis Ray terpadu dengan 3D Studio Max hingga tak perlu memasang secara terpisah. Psikis ray memiliki beberapa kelebihan yakni bisa menghitung dampak Global Illuminationdan Indirect Illumination, disamping itu dapat memakai shader pada permukaan gambar atau sinar. Render engine lain kecuali Psikis Ray ialah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan lain-lain. Semua render engine ini mempunyai keunggulannya semasing.

2. MAYA

Maya ialah sebuah piranti lunak diagram computer 3D dibikin oleh Alias Systems Corporation (Diambil oleh Autodesk, Inc. di tahun 2006). Maya dipakai dalam industri film dan TV, dan untuk permainan video computer. Maya dipakai dalam pengerjaan animasi Upin Ipin. Keunggulan pada program ini ialah proses pengerjaan Animasi yang lebih gampang diperbandingkan piranti 3D lainn

3. BLENDER

Jus ialah piranti lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan terkenal di kelompok pendesain.

Jus bisa dipakai untuk bikin animasi 3 dimensi. Piranti lunak ini mempunyai feature untuk bikin permainan. Jus ada untuk bermacam mekanisme operasi, misalnya:

a. Microsoft Windows

b. Mac OS X

c. Linux

d. IRIX

e. Solaris

f. NetBSD

g. FreeBSD

Piranti lunak ini bersertifikasi GPL dan code sumbernya ada dan bisa diambil siapa. Di Jus ada Games Engine, mesin untuk bikin games memakai logic bricks. Dan ada pula Cycles render.

4. ADOBE AFTER EFFECT

Adobe After Effects ialah produk perangkat lunak yang ditingkatkan oleh Adobe, dipakai untuk film dan pos produksi pada video. sebelumnya sebuah software produk dari Macromedia yang saat ini menjadi salah satunya produk Adobe.

Adobe After Effects ialah sebuah software yang paling professional untuk keperluan Motion Graphic Desain. Dengan kombinasi dari berbagai - jenis software Desain yang sudah ada, Adobe After Effects jadi salah satunya software Desain yang andal. Standar Effects yang capai seputar 50 jenis lebih, yang paling dapat untuk mengganti dan menganimasikan objek. Selain itu, membuat animasi dengan Adobe After Effects, bisa juga dilaksanakan dengan cuman menuliskan beberapa code script yang umum disebutkan Expression untuk menghasil gerakan yang lebih aktif.

Adobe After Effects mempunyai feature - feature penting, misalkan Adobe After Effects mempunyai alat untuk bikin Shape ( sama seperti yang ada padaAdobe Photoshop ). Pada Adobe After Effects ada Keyframe sama seperti yang ada pada Adobe Flash ( langkah menganimasikannya hampir serupa ). Ada Expression yang nyaris serupa dengan Action Script pada Flash, dan ada banyak kembali lainnya.

5. NUKE DAN NUKEX

Nuke ialah berbasiskan simpul compositing digital piranti lunak dibuat dan dialokasikan oleh The Foundry , dan dipakai untuk film dan pasca-produksi tv. Nuke yang ada untuk Microsoft Windows , Mac OS X , dan Linux. Pemakai Nuke mencakup Digital Domain ,DreamWorks Animation ,Sony Pictures Imageworks , Sony Pictures Animation , Framestore , Weta Digital dan Industri Enteng dan Magis.Nuke sudah dipakai pada produksi seperti Avatar , Mr Tidak seorang juga , The Curious Kasus of Benjamin Button , King Kong , Jumper , I, Robot , Resident Evil: Extinction , Tron: Legacy , Alice in Wonderland dan Black Swan.

Nuke (nama berawal dari ‘compositor baru') sebelumnya ditingkatkan oleh software engineer Bill Spitzak untuk dipakai di dalam rumah di Digital Domain awalnya tahun 1993. Nuke awalannya dipakai untuk bikin versus yang lebih tinggi-resolusi komposit dari Autodesk api.

Nuke versus 2 mengenalkan GUI dibuat dengan FLTK - in-house GUI toolkit ditingkatkan di Digital Domain yang selanjutnya di-launching di bawah GNU LGPL. di tahun 1998 Nuke memenangi Academy Award untuk Prestasi Tehnis di tahun 2001.

Di tahun 2002, Nuke dibikin ada untuk umum untuk pertamanya kali di bawah bendera Software D2. [11] Di bulan Desember 2005, D2 Software melaunching Nuke 4.5, yang mengenalkan subsistem 3D baru.

Di tahun 2007, The Foundry, sebuah London plug-in house pembangunan berbasiskan, menggantikan peningkatan dan marketing Nuke dari D2. The Foundry di-launching Nuke 4,7 di bulan Juni 2007, dan Nuke 5 di-launching di awal 2008, yang gantikan antar-muka dengan Qt dan menambah Python scripting, dan suport untuk stereoscopic jalur kerja. Nuke memberikan dukungan pemakaian plug-in The Foundry lewat suportnya untuk OpenFX standard (beberapa dibuat pada node seperti Keylight yang OpenFX plugin).

ROSID NUHU
ROSID NUHU Content writer & Content creator

Posting Komentar untuk "5 Aplikasi Visual Effect"