Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Review spesifikasi iPhone 14: Kamera Makin Ciamik, Punya "Poni" Banyak Fungsi

Apple baru saja resmi merilis ponsel teranyarnya, iPhone 14 series, dalam acara Apple Event bertajuk "Far Out" pada 8 September pukul 00.00 WIB. iPhone 14 series kali ini memiliki penampilan dan spesifikasi yang hampir mirip dengan iPhone 13.

Namun, perusahaan Apple memberi sentuhan perbedaan yang cukup signifikan pada iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Beberapa fitur terbaru hanya ada di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Tidak lagi merilis model “Mini”, kini di iPhone series 14, Apple menggantinya dengan model “Plus”. Mungkin berkaca dari penjualan sebelumnya, iPhone varian “Mini” tidak begitu memiliki banyak peminat. Penasaran bagaimana spesifikasi lengkap iPhone di setiap variannya? Simak review lengkap iPhone 14 berikut ini!

Review iPhone 14, Hadir dalam 4 Varian

Jajaran iPhone 14 series kali ini hadir dalam empat model. Keempat model tersebut adalah iPhone 14 “reguler”, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Sejauh ini belum diketahui kapan iPhone 14 akan dijual di Indonesia. Salah satu distributor Apple, EraJaya pun juga belum dapat memastikan kapan iPhone 14 mendarat di Tanah Air.

Jika mengikuti pola peluncuran iPhone 13 tahun lalu di Indonesia, diprediksi iPhone 14 akan mendarat di Tanah Air pada awal November mendatang. 

Berharap saja Apple lebih memajukan jadwalnya mengingat dalam beberapa tahun ini perusahaan yang dikomandoi Tim Cook itu mempercepat waktu rilis ponsel barunya di Indonesia.

Kelebihan iPhone 14 Series 

Sebagai produk Apple yang ditunggu-tunggu peluncurannya oleh masyarakat dunia, tentunya iPhone 14 series menawarkan kelebihan yang luar biasa canggihnya, Toppers. Simak berbagai kelebihannya berikut ini:

• New TrueDepth Camera & Capture in Any Light

iPhone 14 dibekali TrueDepth camera dengan autofokus. Kamera TrueDepth depan yang baru memiliki aperture f/1.9 memungkinkan kinerja cahaya rendah yang lebih baik untuk foto dan video.

Semakin kecil angka yang mengikuti huruf "f", maka semakin besar lubang aperture. Semakin kecil angka pada aperture, semakin banyak cahaya yang masuk sehingga memungkinkan untuk digunakan dalam kondisi low light alias minim cahaya.

Aperture yang rendah juga berpengaruh terhadap kedalaman gambar alias efek bokeh.

• Action Mode

iPhone 14 memiliki mode aksi baru untuk video yang nampak sangat halus. Sensor dapat menyesuaikan dengan goyangan, gerakan, dan getaran yang signifikan, bahkan saat video diambil di tengah aksi.

• Cinematic Mode in 4K

iPhone 14 series mendukung perekaman video cinematic mode beresolusi 4K di 30 fps dan 4K di 24 fps.

• Crash Detection

Fitur ini dapat mendeteksi kejadian kecelakaan yang kamu alami dan langsung melakukan panggilan darurat jika diperlukan.

• Emergency SOS via Satellite

Apple mengatakan antena iPhone 14 Series dapat terhubung dengan frekuensi satelit. Butuh waktu sekitar 15 detik untuk bisa mengirim pesan SOS, dengan catatan langit cerah.

Fungsi tersebut bukan untuk menelpon teman atau keluarga, melainkan mengirim pesan darurat ketika berada di tempat yang tidak terjangkau sinyal seluler dan WiFi.

Ketika dinyalakan, pengguna cukup mengarahkan iPhone 14 ke atas mengikuti keberadaan satelit. Setelah terhubung, fitur akan memandu pengguna melalui sejumlah tahapan untuk bisa terhubung dengan penyedia layanan darurat.

• All-Day Battery Life

Informasi baterai di situs web Apple menunjukkan bahwa Toppers dapat menonton lebih banyak video dan mendengarkan audio selama beberapa jam lebih lama di iPhone 14 dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya.

Apple mengatakan bahwa iPhone 14 mencakup pemutaran video hingga 20 jam, pemutaran video streaming hingga 16 jam, dan pemutaran audio hingga 80 jam. Adapun sebelumnya iPhone 13 mencakup pemutaran video hingga 19 jam, pemutaran video streaming hingga 15 jam, dan pemutaran audio hingga 75 jam.

• Ceramic Shield

Untuk bagian layar depan, Apple memberikan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus teknologi Ceramic Shield untuk membuatnya lebih kuat dari ponsel lainya.

• Splash and Water Resistance

Semua model iPhone 14 diberi peringkat IP68 menurut standar IEC 60529 (kedalaman maksimum 6 meter hingga 30 menit). Ini berarti iPhone 14 aman dari sejumlah kecil cairan umum seperti tumpahan, cipratan, dan hujan yang tidak disengaja. Perangkat ini juga dapat bertahan terendam pada kedalaman maksimal 6 meter hingga 30 menit.

Semua kelebihan fitur di atas tersedia di perangkat iPhone 14 series. Sedangkan untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max memiliki fitur tambahan berikut:

• Dynamic Island 

Dynamic Island sebetulnya adalah istilah yang diberikan Apple untuk fitur toggle (beralih) yang ada pada bagian atas layar iPhone 14 versi Pro dan Pro Max. Di iPhone terbarunya ini, Apple menghilangkan 'poni' fisik pada layar yang terdapat di versi-versi sebelumnya.

Sebagai gantinya, Apple menyematkan Dynamic Island yang berada tepat di belakang kamera depan. Pengguna bisa memanfaatkan Dynamic Island untuk beralih dari satu fitur ke fitur lainnya.

Beberapa fitur yang terdapat di Dynamic Island adalah pantauan lama panggilan, baterai AirPod, atau papan skor olahraga. Dalam video yang dibagikan, Dynamic Island juga bisa membuat pengguna beralih dari aplikasi musik, peta, dan kontrol notifikasi.

Akan tetapi, bagi mereka yang kurang nyaman dengan Dynamic Island, fitur itu dapat dinonaktifkan dengan mudah. Ketuk jari ke fitur tersebut untuk menonaktifkan atau justru mengaktifkannya.

• Always-On Display

Apple menyematkan fitur Always on Display untuk pertama kalinya di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Sama seperti namanya, fitur Always On Display membuat layar iPhone dapat terus menyala tanpa kehilangan banyak daya baterai.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi penting seperti jam, wallpaper, dan widget di Lock Screen iOS 16 secara real-time.

• 48MP Main Camera

Jajaran iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max memiliki kamera utama 48MP dengan sensor quad-pixel yang menggabungkan setiap empat piksel menjadi satu quad-pixel besar yang setara dengan 2,44 µm pada 12MP. Selain itu diberikan stabilisasi gambar optik sensor-shift generasi kedua.

• 2x Telephoto

Sensor quad-pixel juga memungkinkan opsi telefoto 2x yang menggunakan sensor 12 megapiksel untuk foto resolusi penuh dan video 4K tanpa zoom digital. Ini juga mendukung ProRAW 48MP.

 • Ultra Wide Camera

Kamera Ultra Wide 12MP yang baru memiliki piksel 1,4 µm, dan kemampuan makro yang ditingkatkan. Kamera Telefoto turut ditingkatkan menawarkan zoom optik 3x.

• A16 Bionic Chip

Jika iPhone 14 dan 14 Plus ditenagai A15, Apple justru membenamkan chipset A16 Bionic ke dalam iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. A16 Bionic dilengkapi dengan CPU enam inti alias Hexa-core, dimana dengan dua inti kinerja dan empat inti efisiensi.

CPU secara keseluruhan diklaim 40% lebih cepat daripada pesaingnya, sementara dua inti berkinerja tinggi membutuhkan daya 20% lebih sedikit daripada yang ada di A15. Neural Engine 16-core yang disertakan dalam A16 mampu melakukan 17 triliun operasi per detik.

• Up to 2x Brighter Display Outdoors

iPhone 14 Pro‌ dan iPhone 14 Pro‌ Max menampilkan layar Super Retina XDR yang oleh Apple disebut sebagai "tampilan paling canggih di ponsel mana pun." Layar baru memiliki kecerahan puncak 2.000 nits saat digunakan di luar ruangan seperti di bawah sinar matahari. Hal ini memiliki dua kali kecerahan dari model sebelumnya.

 Kekurangan iPhone 14 Series 

Tak ada yang sempurna, iPhone 14 Series pun juga memiliki kekurangan. Berikut kekurangannya yang perlu kamu ketahui:

  • Belum Gunakan Port USB Type C 

Berbagai varian terbaru smartphone android sudah menggunakan port charging dengan tipe type C. Namun, hal ini masih belum tersedia di seri iPhone 14. Apple masih mempertahankan port charging lama yang memakai tipe USB type lighting.

  • Harus Ganti iPhone Baru untuk Ganti Kartu

Fitur e-SIM memungkinkan pengguna untuk menambahkan nomor telepon tanpa harus memasukkan kartu. Fitur ini memiliki kelemahan yaitu nomor yang telah ditambahkan ke dalam iPhone, tak bisa dipindahkan. Jadi, para pengguna iPhone 14 tak bisa mengganti kartu SIM kecuali dengan membeli iPhone 14 baru.

Namun, fitur tersebut sepertinya hanya berlaku di AS. Karena layanan e-SIM belum merata, iPhone 14 Series dengan slot kartu SIM fisik bakal tetap tersedia di beberapa wilayah pasar di luar AS. Seperti di negara tetangga Indonesia, Singapura dan Malaysia.

Pantauan di situs Apple Singapura dan Malaysia, rincian spesifikasi iPhone 14 Series menyebutkan bahwa ponsel ini mendukung Dual SIM (nano-SIM dan e-SIM). Dengan adanya dukungan untuk nano-SIM, artinya iPhone 14 Series yang dijual di Singapura tetap dibekali slot kartu SIM fisik.

Skema dual SIM dengan satu nano-SIM dan satu e-SIM pada iPhone 14 Series di Singapura ini masih sama persis seperti yang tersedia di iPhone XS dan XS Max (2018) hingga iPhone 13 Series (2021) yang dijual secara global. Dengan begitu, iPhone 14 Series yang akan dijual di Indonesia kemungkinan besar juga tetap memiliki kartu SIM fisik.

Warna & Spesifikasi iPhone 14 Series

Dari situs resmi Apple, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus dikatakan hadir dalam 5 warna dari yang kalem hingga terang. Ada warna Midnight, Blue, Starlight, Purple, dan Red.

Spesifikasi iPhone 14:

  • Ukuran layar: 6,1 inci
  • Ukuran bodi: 5,78 inci x 2,82 inci x 0,31 inci
  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1
  • Mesin: A15 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 12 MP dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono)
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, dan 512 GB

Spesifikasi iPhone 14 Plus:

  • Ukuran layar: 6,7 inci
  • Ukuran bodi: 6,33 inci x 3,07 inci x 0,31 inci
  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1
  • Mesin: A15 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 12 MP dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono)
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, dan 512 GB

Sementara itu, warna yang tersedia untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max ada 4 yaitu Deep Purple, Gold, Silver, dan Space Black.

Spesifikasi iPhone 14 Pro:

  • Ukuran layar: 6,1 inci
  • Ukuran bodi: 5,81 inci x 2,81 inci x 0,31 inci

  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1, 1.000 nits maksimal pencerahan, 1.600 nits peak pencerahan (HDR), dan 2.000 nits peak pencerahan di luar ruangan
  • Mesin: A16 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 48 MP, telephoto 12 MP, dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono), mode malam portrait didukung LiDAR Scanner
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max:

  • Ukuran layar: 6,7 inci
  • Ukuran bodi: 6,33 inci x 3,05 inci x 0,31 inci
  • Teknologi layar: super retina XDR display, HDR display, wide color (P3), rasio kontras 2 juta:1, 1.000 nits maksimal pencerahan, 1.600 nits peak pencerahan (HDR), dan 2.000 nits peak pencerahan di luar ruangan
  • Mesin: A16 Bionic hip, CPU 6 core, GPU 5 core untuk kinerja 18% lebih cepat, Neural Engine 16 core
  • Kamera: kamera utama belakang 48 MP, telepoto 12 MP, dan ultra wide 12 MP
  • Teknologi kamera: zoom out optik 2 kali dan xoom out digital sampai 5 kali, smart HDR 4, pencahayaan portrait dengan enam efek (natural, studio, countour, stage, mono, high-key mono), mode malam portrait didukung LiDAR Scanner
  • Keamanan: emergency SOS via satelit dan crash detection
  • Varian kapasitas: 128 GB, 256 GB, 512 GB, dan 1 TB

Berapa Harga iPhone 14 dan iPhone 14 Pro?

Di generasi ini, iPhone hadir dengan 5 varian baru. Berikut prediksi harga resmi iPhone 14 jika dikonversikan dari harganya ketika launching.

Harga iPhone 14

- iPhone 14 128GB: 799 USD (Rp11,9 juta)

- iPhone 14 256GB: 899 USD (Rp13,4 juta)

- iPhone 14 512GB: 1099 USD(Rp 16,4 juta)

Harga iPhone 14 Plus

- iPhone 14 Plus 128 GB: 899 USD (Rp13,4 juta)

- iPhone 14 Plus 256 GB: 999 USD (Rp14,9 juta)

- iPhone 14 Plus 512 GB: 1199 USD (Rp17,8 juta)

Harga iPhone 14 Pro

- iPhone 14 Pro 128GB: 999 USD (Rp14,9 juta)

- iPhone 14 Pro 256GB: 1099 USD (Rp16,4 juta)

- iPhone 14 Pro 512GB: 1299 USD (Rp19,3 juta)

- iPhone 14 Pro 1TB: 1499 USD (Rp22,3 juta)

Harga iPhone Pro Max

- iPhone 14 Pro Max 128GB: 1099 USD (Rp16,4 juta)

- iPhone 14 Pro Max 256GB: 1199 USD (Rp17,8 juta)

- iPhone 14 Pro Max 512GB: 1399 USD (Rp20,8 juta)

- iPhone 14 Pro Max 1TB: 1599 USD (Rp23,8 juta)

Itu dia serba-serbi spesifikasi iPhone 14 yang baru saja rilis pada September ini. Meskipun belum tahu pasti kapan akan rilis di Indoneisa, setidaknya kamu sudah memiliki gambaran terkait iPhone series terbaru ini beserta harganya.

rosid_nuhu
rosid_nuhu Penulis Blog & Content Creator

Posting Komentar untuk "Review spesifikasi iPhone 14: Kamera Makin Ciamik, Punya "Poni" Banyak Fungsi"