Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutoial Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blog Anda


Tutoial Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blog Anda - Sebenarnya, SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau disebut sebagai teknik untuk mengoptimalkan mesin pencari Google. SEO diterapkan secara luas pada konten yang digunakan dalam bisnis online, khususnya artikel.

Itu sebabnya dalam artikel ini akan membahas tentang cara menulis artikel yang SEO friendly (SEO Friendly) dengan benar. Alasan utama adalah untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari sehingga lalu lintas pengunjung meningkat. Apa gunanya memiliki web yang memiliki desain keren tetapi tidak ada pengunjung untuk membacanya lagi?

Jika kita ingin memenangkan persaingan SEO maka kita perlu komitmen untuk selalu menyajikan artikel SEO Friendly, sehingga situs web Anda akan menjadi populer dan dapat menjadi otoritas di bidang / niche yang sedang Anda diskusikan. Lantas, bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly yang bagus dan benar? Berikut panduannya:

1. GUNAKAN KATA KUNCI BAHWA PENGUNJUNG YANG BANYAK MENCARI
Pertama-tama, Anda harus mencari kata kunci (kata kunci) yang mungkin lebih banyak dicari oleh pengunjung situs web Anda, jangan lupa untuk menyesuaikan kata kunci yang juga ditulis dalam judul atau judul situs Anda. Karena Google memberikan sebagian besar peringkat pada situs web yang memiliki relevansi kata kunci di bagian judul.

Kata kunci yang dikeluarkan akan diketik di mesin pencari google oleh audiens, dan jika judul situs web Anda menggunakan kata kunci maka pembaca akan memiliki kesempatan untuk mengklik daftar pencarian Anda.

Anda dapat menggunakan ahrefs, KeywordTool.io, dan alat perencana kata kunci Google di AdWords, lalu masukkan kata kunci yang Anda inginkan dan jangan lupa untuk menyesuaikan negara terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan lupa kata kunci yang menargetkan ekor panjang (bukan kata kunci utama) yang memiliki jumlah lalu lintas tinggi.

2. GUNAKAN KATA KUNCI YANG FOKUS UNTUK PRESISI
Meskipun Anda menargetkan kata kunci yang membuat artikel berada di peringkat atas, itu tidak berarti Anda patuh. Untuk mengulang kata kunci ini ada aturannya. Misalnya, untuk artikel yang panjangnya 800 kata, Anda perlu mengulang kata kunci 4 kali.

Ini juga berlaku untuk kelipatan, jadi 600 kata lalu 2 kali, dan sebagainya. Selain itu, kata kunci yang Anda masukkan dalam konten artikel ini harus baik untuk dibaca manusia. Karena mereka yang akan membaca artikel yang diinginkan adalah pemirsa, bukan mesin pencari Google.

3. ARTIKEL HARUS TEPAT
Seperti yang disebutkan sebelumnya, artikel yang Anda buat harus layak dibaca. Jika Anda mencoba membuat artikel acak selain isian kata kunci, maka nanti rasio pentalan situs Anda akan tinggi yang merupakan pertanda bahwa pembaca tidak puas dengan kualitas konten Anda. Kemudian google akan menurunkan peringkat situs Anda dari SERP.

Cara menulis artikel yang layak dibaca adalah dengan meneliti topik yang akan disetujui, kemudian melakukan self-editing atau mengeditnya. Anda dapat melakukan ini dengan istirahat 1 jam setelah menulis artikel.

Jika Anda tidak memiliki waktu luang, Anda dapat meminta seorang teman untuk membantu meningkatkan artikel. Kemudian tanyakan bagaimana pendapat mereka terkait dengan isi artikel, apakah bisa dibahas atau tidak. Anda dapat menggunakan kritik teman untuk meningkatkan artikel Anda.

4. PASTIKAN ARTIKEL JAWABAN PERTANYAAN KEPADA PENGUNJUNG
Sama seperti poin di atas, indikator yang menunjukkan artikel yang Anda buat dapat menjawab pertanyaan audiens ditentukan oleh Google berdasarkan:

Lamanya waktu yang dihabiskan untuk membaca artikel. Semakin lama, unduh puas dengan artikel Anda. Artikel yang dibaca oleh pengunjung dibagikan atau tidak, misalnya melalui media sosial. Agar artikel Anda dibagikan, buat selengkap mungkin.

5. MANFAAT LINK INTERNAL DAN EKSTERNAL

Fungsi tautan kedua ini adalah untuk melengkapi penjelasan isi artikel yang tidak dapat Anda sampaikan kepada pembaca. Tautan internal pada artikel lain di blog Anda. Sedangkan tautan eksternal adalah artikel yang diterbitkan di blog lain.

Tujuan menyertakan tautan internal adalah untuk meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan bagi pembaca saat mengunjungi web Anda, sehingga membantu Google mendiskusikan topik dari web yang Anda kelola. Meskipun tautan eksternal memiliki tujuan utama, tautan tersebut disetujui dari hasil penelitian yang Anda lakukan.

6. GAMBAR OPTIMASI

Anda dapat memasukkan kata kunci di alt dan judul gambar sehingga gambar tersebut termasuk dalam peringkat Google. Optimalisasi kedua adalah mengurangi ukuran gambar.

Optimalisasi gambar ini untuk mempercepat proses memuat artikel di web Anda. Karena gambar yang memiliki ukuran besar (antara 1MB dan lebih besar) dapat memuat proses pemuatan, yang akan membuat pemirsa bosan membuka blog Anda.

7. GUNAKAN VIEWPOINT UNIK
Perspektif unik yang ditetapkan dalam artikel konten membuat blog Anda lebih menonjol daripada blog lainnya. Perspektif unik ini terkait dengan pengalaman pribadi Anda tentang topik tersebut, namun tetap konsisten dengan fokus kata kunci yang Anda gunakan.

8. PASTIKAN ARTIKEL OPTIMUM PANJANG
Berdasarkan penelitian, Orbit Media Study mengungkap rata-rata jumlah kata yang digunakan dalam sebuah artikel adalah 1.142 kata. Namun, jika Anda hanya mampu menulis 500 kata juga tidak ada masalah, karena itu adalah jumlah minimum. Secara umum, untuk bisa mendapatkan peringkat teratas, biasanya Google akan memilih artikel yang jumlah kata-nya di atas 1000 kata. Tapi ingat, itu juga harus disertai kualitas.

9. HEADING DAN SUBHEADING
Artikel di internet memiliki paragraf sesingkat mungkin agar tidak membuat pembaca bosan dan mudah memahami artikel Anda. Paragraf pendek ini biasanya terdiri dari 3 hingga 4 baris, kemudian diselingi dengan heading atau subtitle.

Dengan bagian dalam bentuk tajuk atau subtitle, Anda dapat membantu pembaca menemukan materi pokok artikel, pembaca tidak bosan, dan juga agar struktur artikel menjadi lebih terorganisir.

Itulah cara yang harus Anda lakukan untuk menulis artikel ramah SEO yang baik dan benar. Secara umum, selain menerapkan komponen SEO, Anda juga harus menulis kalimat sesuai dengan estetika yang diterima artikel. Alasan yang dibaca adalah manusia, bukan robot. Dan Anda juga harus menemukan artikel Anda memang menjawab pertanyaan pembaca.

ROSID NUHU
ROSID NUHU Content writer & Content creator

Posting Komentar untuk "Tutoial Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blog Anda"